BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Siswa-siswi SMPN 15 Bogor akan merasa nyaman
berada di lingkungan sekolah yang lingkungannya bersih, bahkan bukan hanya para
siswa saja yang merasa nyaman berada di tempat yang bersih, para pengajar pun
akan merasakan nyaman dalam memberikan pelajaran kepada anak didiknya.
Namun pada kenyataannya lingkungan SMPN 15
Bogor masih jauh dari harapan kebersihan yang maksimal. Untuk itu kami membuat
karya ilmiah ini agar dapat membantu meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15
Bogor.
Langkah awal yang harus dilakukan oleh para
siswa dan para guru adalah harus membiasakan diri dengan kehidupan sehari-hari
yang bersih di lingkungan sekolah. Caranya adalah membuang sampah pada tempatnya.
Adapun cara-cara lain yang lebih menjurus ke
kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari oleh para murid yaitu seorang wali
kelas membentuk jadwal piket harian agar kebersihan lingkungan SMPN 15 Bogor
itu sendiri terjaga kebersihannya setiap hari. Dan juga setelah selesai
membersihkan ruang kelas ataupun ruangan lainnya harus ada kesadaran didalam
diri tiap individu untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun berada.
Didalam suatu sekolah ada susunan organisasi
para pengajar dan staf-staf lainya, salah satunya adanya Cleaning Service yang pekerjaannya adalah membersihkan seluruh
lingkungan sekolah. Cleaning Service itu sendiri harus sadar akan kebersihan lingkungan
sekolah dan itu tanggung jawab pekerjaannya.
Jadi untuk meningkatkan kebersihan di SMPN 15 Bogor harus
saling menyadari bahwa pentingnya kebersihan lingkungan sekolah untuk
kenyamanan kita dalam memberi dan menerima pelajaran agar kita lebih fokus
dalam bidangnya masing-masing.
1.2 Permasalahan
1.2.1
Bagaimana
cara meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15 Bogor ?
1.2.2 Usaha apa saja yang harus dilakukan dalam
meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15 Bogor ?
1.2.3 Untuk apa kita meningkatkan kebersihan
lingkungan SMPN 15 Bogor ?
1.2.4 Siapa saja yang harus terlibat dalam usaha
meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15 Bogor ?
1.3 Tujuan
Penulisan
Penulisan
kaya tulis ini bertujuan :
1.3.1
Memenuhi
salah satu tugas mata pelajaran.
1.3.2 Mengetahui seberapa besar pengaruh kebersihan
terhadap lingkungan SMPN 15 Bogor.
1.3.3
Ikut
serta dalam upaya mengembangkan penanaman kebersihan pada diri siswa.
1.3.4 Memberikan solusi atau masukan terhadap SMPN
15 Bogor tentang kebersihan lingkungan agar tingkat kebersihan sekolah di SMPN 15 Bogor meningkat.
1.4 Metode
Penelitian
1.4.1
Pengamatan
atau survey terhadap beberapa lingkungan yang ada di SMPN 15 Bogor.
1.4.2
Membuat
dan menyebarkan pamflet disekitar lingkungan SMPN 15 Bogor.
1.5 Manfaat
Penelitian
1.5.1
Sebagai
sumbangan ide bagi pengelola lingkungan.
1.5.2 Sebagai salah satu alternatif cara
meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15
Bogor.
1.5.3 Sebagai solusi terhadap kebersihan sekolah di
SMPN 15 Bogor.
1.6 Sistematika
Makalah
Pengolahan
data dari hasil pengamatan kebersihan lingkungan sekolah SMPN 15 Bogor. Adapun system penulisan dari Makalah Laporan
Penelitian Sosial ini adalah :
· BAB I, berisi tentang pendahuluan membahas
tentang latar belakang, permasalahan, tujuan, manfaat, metode dan sistematika.
· BAB II, berisi tentang pembahasan.
· BAB III, berisi tentang kesimpulan dan saran.
BAB II
PEMBAHASAN
Sekolah merupakan lembaga formal yang
berfungsi membantu khususnya orang tua dalam memberikan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kepada anak didiknya secara lengkap sesuai dengan yang
mereka butuhkan. Kebersihan lingkungan merupakan komponen yang mempengaruhi
dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar.Kebersihan juga merupakan syarat
mutlak untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Pada kenyataannya yang terlihat saat ini di
SMPN 15 Bogor adalah masih minimnya tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga
kebersihan lingkungan sekolah. Adapun penyebab minimnya kebersihan di SMPN 15
Bogor adalah fasilitas alat kebersihan yang kurang memadai disetiap ruang kelas
ataupun ruangan lainnya. Serta kurangnya tingkat kesadaran untuk menjaga
kebersihan lingkungan sekolah, seperti
membuang sampah sembarangan meskipun telah disediakan tempat khusus untuk
membuang sampah.
Ada
beberapa cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan kebersihan SMPN 15 Bogor
yakni dengan cara menegaskan kegiatan piket kepada siswa dan memberi sanksi
apabila tidak melaksanakan tugasnya dengan baik; menerapkan peraturan LISA
“Lihat Sampah Ambil”; dan melakukan kegiatan gotong royong secara rutin untuk
membersihkan lingkungan sekolah SMPN 15 Bogor minimal 1 minggu sekali.
Cara
diatas dilakukan agar terciptanya suasana lingkungan yang nyaman dalam proses
kegiatan belajar mengajar, karena semua itu tidak akan efektif apabila komponen
dari system sekolah tidak berjalan dengan baik. Salah satu dari komponen
sekolah adalah kebersihan sekolah. Bukan hanya murid yang merasa nyaman jika
lingkungan sekolah terjaga kebersihannya, para guru dan staf-staf lainnya juga
ikut merasa nyaman.
Untuk
menciptakan suasana yang nyaman dan tentram dalam proses belajar mengajar
seluruh keluarga besar SMPN 15 Bogor harus turut andil dalam melaksanakan
kegiatan pembersihan lingkungan sekolah dalam rangka “Meningkatkan Kebersihan
Lingkungan SMPN 15 Bogor”.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari beberapa uraian yang telah dibahas
sebelumnya dapat kita simpulkan yaitu seluruh
keluarga besar SMPN 15 Bogor harus turut andil dalam meningkatkan
kebersihan lingkungan agar terciptanya suasana yang nyaman dalam kegiatan
proses belajar mengajar yang dilakukan setiap hari, serta siswa harus selalu
menjaga dan melaksanakan tanggung jawab untuk memenuhi komponen kebersihan lingkungan
di SMPN 15 Bogor.
3.2 Saran
Dalam
rangka meningkatkan kebersihan lingkungan SMPN 15 Bogor ada beberapa upaya yang
mungkin bisa dilakukan diantaranya :
·
Untuk
menumbuhkan konsep diri siswa sehingga siswa dapat menjaga kebersihan
lingkungan sekolah, guru disarankan untuk bersikap empatik terhadap lingkungan.
·
Sebaiknya
diberlakukan kegiatan membersihkan kelas dan lingkungan sekolah secara rutin
setiap sebelum masuk dan pulang sekolah.
·
Memberikan
sanksi kepada siapa saja yang tidak mentaati peraturan yang telah dibuat
sedemikian rupa.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus