Jumat, 06 April 2012

MAKALAH TIK


KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM MENGGUNAKAN TIK

     Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi tinggi yang akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Hadirnya komputer menjadikan manusia dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Dengan diperkenalkannya teknologi yang baru di tempat kerja atau lingkungan rumah, aspek kesehatan dan keselamatan kerja harus dipertimbangkan dengan seksama. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam bekerja dengan menggunakan komputer. Untuk itu, perlu adanya prosedur yang baik dalam menggunakan komputer agar tidak berdampak negative bagi kesehatan dan keselamatan kerja. Berikut beberapa ulasan mengenai posisi tubuh yang benar.

A.   Menggunakan Komputer dengan Posisi Tubuh yang Benar
       Biasanya dalam penggunaan komputer secara terus menerus menyebabkan otot sering pegal mata kita akan menjadi agak-agak kabur akibat pandangan kita sering terlalu dekat dengan layar komputer. Untuk menanggulangi masalah tersebut inilah  beberapa ulasan mengenai           solusinya           yaitu:

1.  Cara-cara    untuk    menghilangkan rasa pegal yaitu dengan  :

* Kita bisa menggunakan komputer terus-menerus dengan mendengar lagu-lagu yang bisa          menghilangkan  rasa  pegal  kita.
* Jika belum bisa menghilangkan rasa pegal kita itu, ini cara yang lebih cepat yaitu kita bisa mencari refreshing seperti kita bermain permainan yang ada di komputer anda tersebut. Bila di komputer anda tidak ada permainan yang lebih menarik kita bisa mengekspresikan rasa pegal kita dengan mencoba progam yang ada di komputer anda.
2.  Cara-cara    menjaga  kesehatan bola mata  yaitu      dengan :

* Istirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk dan jauh ke depan            secara  rutin.
* Jagalah agar kacamata (jika anda menggunakannya), lensa kontak (jika anda menggunakannya),         dan       layar  tampilan         selalu    bersih.
* Gunakan tambahan layar anti radiasi.

B.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dalam menggunakan TIK
Prinsip K3 dalam TIK
prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3)Dalam dunia industri atau perkantoran besar yang menggunakan komputer dalam jumlah yang banyak, kesehatan dan keselamatan kerja tentu menjadi faktor yang sangat penting. Para pengguna komputer pribadi pun perlu menerapkan prinsip menjaga kesehatan dan keselamatan kerja menurut petunjuk yang sudah ada. Seorang yang sehari-hari menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, pendidikan, ataupun hobi tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan komputer adalah:
1.         Gangguan         pada     mata
2.         Gangguan         pada     kepala
3.         Gangguan         pada     tangan
4.         Gangguan         pada     badan
Salah satu peralatan komputer yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan adalah monitor. Seperti kita ketahui, layar monitor memancarkan radiasi atau pemancaran partikel-partikel elementer dan energi radiasi. Energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom sehingga atom menjadi muatan positif dan disebut ion positif. Sementara itu, elektron yang dikeluarkan dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negatif. Hal ini dapat menimbulkan dampak buruk pada atom-atom di tubuh kita. Radiasi yang dipancarkan monitor komputer           antara   lain            berupa:
1.         Sinar-X
2.         Sinar    Ultraviolet
3.         Gelombang       Mikro
4.         Radiasi elektromagnetik           frekuensi           rendah
Gangguan kesehatan yang diduga timbul akibat radiasi komputer adalah penyakit katarak.Untuk itu, setiap pengguna komputer perlu mengatur waktu pemakaian komputer. Jika Anda harus bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk mengatur waktu jeda agar tidak terus menerus menatap layar monitor.Selain radiasi yang ditimbulkan oleh monitor komputer, kita perlu memperhatikan pula faktor-faktor lain yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan, yaitu posisi tubuh, posisi peralatan, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan (suhu, kualitas udara dan gangguan suara). Menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar, akan memberikan kenyamanan saat bekerja. Dengan posisi tubuh yang rileks, kita dapat bekerja secara efektif dan kesehatan kita pun akan terjaga. Ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur posisi duduk yang baik dan benar di depan komputer disebut ergonomi. Kenyamanan yang dibutuhkan antara lain keadaan usher maupun hardware atau perangkat keras komputer . Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat terhindar dari risiko bekerja dengan menggunakan komputer.
a)      Mengatur Posisi Tubuh
1.      posisi duduk : tempat duduk yang ideal dan bersandar,kursi ideal bisa berputar dan dpt diatur tinggi rendahnya, tempat duduk yg tidak bersandar dapat menyebabkan punggung kelelahan.
2.      posisi mata : harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah,jika posisi mata tinggi atau rendah membuat leher cepat lelah,layar yg digunakan sebaiknya yg low radiasi , atau layar jenis LCD.
3.      posisi tangan ; pilih tuts keyboard yg lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik.

1 komentar: